Sabtu, 26 November 2011

Solusi Tidak Bisa Membuka File ".exe" di Windows 7

Tepat pada hari Jumat, 25 November 2011, saya mengalami kejadian yang cukup membuat shock, di mana system Windows 7 pada laptop saya error gara-gara nurutin cleaning registry yang muncul sendiri dari aplikasi Vaio Care (karena laptop saya Vaio). Semua file yang berekstensi ".exe" tidak bisa dibuka dengan keterangan kira-kira begini: "no such interface support"!

Matilah, padahal di laptop itu banyak aplikasi yang sangat penting buat saya, mana lagi ngerjain TA (Tugas Akhir) pula. Sempat terpikir untuk reinstall Windows (karena setiap tukang service yang saya temui cuma bisa reinstall Windows), dan terbesit juga untuk ke Mangga 2 untuk restore registry sama suhu-suhu di sana, tapi saya ingin mencoba usaha terakhir agar tidak keluar uang, yaitu edit registry sendiri... Tentunya sebelumnya file-file penting sudah saya backup di harddisk eksternal.

Sebenarnya edit registry itu adalah uji nyali, tapi nggak ada pilihan lain karena komputer saya pun udah gak bisa buat ngapa-ngapain, bahkan buka "regedit.exe" (program untuk edit registry) aja gak bisa! Lantas bagaimana saya meng-edit registry pada system Windows tersebut?

Urusannya ternyata cukup mudah, sebenarnya bukan edit, tapi restore. Dengan Googling, saya menemukan solusinya. Saya men-download sekumpulan registry default yang dikumpulkan dalam satu file archive. Archive tersebut berisi file-file registry yang berekstensi ".reg". Lalu saya gabungkan file-file tersebut ke dalam system Windows safe-mode saya, lalu saya restart Windows dan ta-da! Seluruh system berjalan normal dan sejauh ini tidak ada masalah apa-apa... Bayangkan jika saya membawanya ke tukang service, ratusan-ribu rupiah bakal harus diikhlaskan..

Jika anda para pembaca pengguna Windows 7 dan kira-kira sedang berkutat dengan masalah seperti yang saya alami, tidak segan-segan saya akan memberikan archive default registry untuk Windows 7.

Jika anda bukan advanced user, saran saya jangan pernah mengubah isi registry meskipun itu untuk cleaning karena berbahaya! Dan sering-seringlah mem-backup baik system file atau dokumen-dokumen anda.

2 komentar:

  1. mana mas... archivenya..???

    email yaa hambalie.91@gmail.com

    BalasHapus
  2. mas saya mau, bisa dikirim ke email saya

    asih_setiarini@yahoo.com

    terimakasih banyak

    BalasHapus