Senin, 19 September 2011

Tips Melamar Kerja Praktek ke Perusahaan

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB) mensyaratkan kepada para mahasiswanya untuk melakukan kerja praktek di sebuah perusahaan yang sedang menjalani proyek terkait dengan program studi atau jurusan mahasiswa tersebut.

Sebagian program studi di fakultas lain di ITB ada pula yang tidak mensyaratkan kerja praktek, melainkan dengan sesuatu yang lain yang ekuivalen dengan kerja praktek itu sendiri tentunya. Begitu pun dengan perguruan-perguruan tinggi lainnya yang tidak mensyaratkan para mahasiswanya untuk melakukan kerja praktek. Untuk di tempat lain, mungkin kerja praktek itu setara dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Tapi saya rasa sama saja..

Oke. Gak mungkin dong, ujug-ujug langsung dateng ke kantor orang terus bilang, "bapake, saya mau kerja praktek". Pasti diusirnya anda. Anda harus melamar dulu ke perusahaan. Sebelum melamar, juga kudu nyari, mana perusahaan cocok sama jurusan anda. Nah, ternyata gampang-gampang susah lho, mencari dan melamar perusahaan. Oleh karena itu saya berikan tips bagaimana mencari perusahaan yang cocok dan melamar kerja praktek berdasarkan pengalaman saya sebagai mahasiswa Teknik Kelautan ITB angkatan 2007. Semoga ini berguna untuk adik-adik yang nantinya akan melakukan Kerja Praktek (KP), haha.

[1] Plot waktu. Mungkin tidak perlu membuat timeline dan segala macam. Persiapkan saja waktu untuk mengurus semua mengenai KP paling lambat 2 bulan sebelumnya. Tentu apapun akan lebih oke jika tidak mendadak kan?
~
[2] Browsing di internet. Pasti tidak sedikit perusahaan yang terkait dengan jurusan Anda. Apalagi perusahaan besar selalu terkait dengan berbagai macam disiplin ilmu. Berselancarlah di internet untuk mencari proyek perusahaan yang berhubungan dengan disiplin ilmu anda serta memiliki jangka waktu yang sesuai dengan waktu KP Anda. Jangan sampai ketika Anda melamar KP, ternyata mereka tidak sedang menjalani proyek yang sesuai dengan yang Anda pelajari.
~
[3] Sebaiknya dalam satu waktu anda melamar ke satu perusahaan saja. Jangankan perusahaan, jika anda melamar kekasih anda, tentu ia tidak mau kan diberi alasan "saya melamar kamu saja karena tadi saya sudah ditolak oleh orang lain.."? WTF.. 
~
[4] Manfaatkan kenalan orang 'dalam'. Saya tidak mengajarkan nepotisme, tetapi gunakanlah kenalan orang 'dalam' anda sebagai sumber informasi yang aktual dan mudah diperoleh. Tentu ini akan memudahkan anda untuk menentukan langkah-langkah berikutnya.
~
[5] Jika tidak punya kenalan orang dalam, anda dapat merujuk pada koneksi anda di tempat lain yang mungkin bisa menghubungkan anda (ini disebut koneksi-dari-relasi-ke-relasi). Contoh, saya mengkontak orang di Pertamina untuk menanyakan kemungkinan di mana bisa kerja praktek. Orang Pertamina tersebut lalu mengkontak BP Migas, dan dari BP Migas saya dapat nomor kontak seorang manajer di Premier Oil (tempat KP saya). Setelah itu saya berhubungan dengan manajer tersebut. Kalau sudah begini, tips saya nomor 4 bisa diberlakukan. Pertanyaannya, kenapa saya tidak melamar KP di Pertamina saja?? Itu tidak bisa saya jelaskan di sini..
~
[6] Sabar itu ibadah. Mungkin anda akan dioper sana-sini oleh orang-orang di perusahaan, misalnya..
"wah KP ya? coba tanya sama si ini.."
"oh, coba sama si itu.."
"nanti saya temukan dengan HRDnya.."
padahal HRDnya gak dateng-dateng..
"oke, ketemu lagi dengan saya tanggal xx/xx/xx"

padahal belom ngomong apa-apa..
Tetaplah sabar jika anda merasa digantungkan, terus follow-up dan dapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Apabila waktu sudah sangat mepet sehingga anda ingin membatalkan KP di perusahaan tersebut, sebaiknya tanyakan lagi kepastian akhir dan buat pernyataan pembatalan (cukup secara lisan) kepada pihak HRD (Human Resources Development)
~

3 komentar:

  1. wah, boleh tahu kerja praktek di pertamina mana yah?,

    saya juga berencana untuk kp di pertamina cilacap ru IV.

    BalasHapus
  2. Saya gak KP di pertamina mas, seperti yang dijelaskan di atas..

    BalasHapus